Interview: Fitria Sadonia

2016-01-11

 

 

WOMEN IN SNEAKERS

 

Hello people! 

Pada kesempatan kali ini, kami mau kasih ulasan lebih dalam seputar #womeninsneakers. Kalian bisa langsung ikutin interview dengan Fitria Sadonia, Creative Director untuk Havehad for Women. Cari tahu kenapa harus sneakers dan seperti apa memakai sneakers yang tepat untuk para wanita.

 

Berikut hasil bincang-bincang dengan Tria..

 

Why sneakers?

Sneakers make your feet happy, make you feel free. Come rain or shine, sneakers do just fine.

 

Pada awalnya Havehad hanya meluncurkan koleksi untuk Pria, mengapa akhirnya memutuskan juga meluncurkan koleksi untuk wanita?

Kami melihat adanya demand dari market wanita terhadap sneakers. Beberapa kali kami mendapatkan customer wanita yang membeli Havehad pria dengan ukuran 40, dan menanyakan apakah Havehad memiliki sneakers untuk wanita. Kebetulan Havehad juga memiliki rencana untuk ekspansi secara horizontal.. Oleh karena itu untuk step awal, dengan melihat opportunity tersebut kami memutuskan untuk menciptakan Havehad For Woman.

 

Apa tantangan terbesar Anda sebagai seorang creative director Havehad For Women?

Tantangan terbesarnya adalah bagaimana saya menggabungkan idealisme saya dan apa yang dibutuhkan oleh pasar, atau bisa dikatakan saya harus berpikir dari segi design, kenyamanan produk dan bisnisnya juga. Tidak selalu yang menurut saya bagus, bisa diterima oleh pasar. 

 

Apa inspirasi Anda saat membuat desain Zigma & Curvature?

Inspirasi saya dimulai dari kata "Less, but better". Bagaimana mendesain sneakers yang tidak ribet untuk dipakai, using small elements to maximum effect tapi functionalnya tetap terasa untuk wanita. Seperti di Zigma, lace sneakers dengan detail zipper yang tidak hanya berguna secara aesthetic tetapi juga untuk mempermudah orang dalam pemakaiannya.

 

 

Adakah sneakers yang Anda anggap sangat ikonik?

Menurut saya Adidas Stan Smith merupakan sneakers yang paling ikonik. Pada awalnya Stan Smith diciptakan sebagai tennis sneakers tapi sekarang sudah menjadi icon sneakers fashion. Ditambah lagi dengan bentuknya yang simple dan timeless, banyak designer yang mau melakukan collaboration project untuk Stan Smith seperti Yohji Yamamoto, Raf Simons dan Pharrell.

 

Berikan pendapat tentang comfort VS styleMana yang lebih penting menurut Anda?

Comfort vs style adalah common issue dalam dunia fashion. Menurut saya sendiri, comfort can be stylish. Your style should make you look and feel good. Kenyamanan di fashion menjadi value added tersendiri. Di Havehad pun, kami selalu mencoba untuk bridge the gap antara 2 hal tersebut, menghadirkan sneakers yang fashionable tetapi tetap nyaman dan bisa dipakai secara long-term.

 

Berencana membuat second atau premium line?

Havehad memiliki line exclusive yang dinamakan HCD (Havehad Classic Design) dan hanya dijual di beberapa toko premium. Untuk saat ini HCD baru mengeluarkan koleksi pria saja, dan HCD For Woman sedang dalam proses prototyping. 

 

Your tips for walking in, wearing in, and maintaining sneakers...

Sneakers saat ini tidak hanya dipakai pada saat di waktu-waktu santai saja, tapi bisa juga digunakan untuk ke acara-acara formal selama sneakers tersebut cocok dengan outfitnya. Jadi jangan takut untuk mix and match cocktail dress dengan sneakers ataupun suit dengan sneakers. Untuk menjaga keawetan sneakers, sebaiknya setiap selesai dipakai dibersihkan terlebih dahulu kemudian dimasukan ke dalam box sepatu. 

 
www.havehadworld.com